Analisis Butir Soal Sumatif IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak dengan Rasch Model Menggunakan Rstudio
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Amrullah, A., Salsabila, N. H., Junaidi, J., Hapipi, H., & Prayitno, S. (2021). Pelatihan Geogebra sebagai media pembelajaran matematika pada guru-guru SMP di Kota Mataram tahun 2021. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 146-155. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.94
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Ayub, M. R. S. S. N., Istiyono, E., Munadi, S., Permadi, C., Pattiserlihun, A., & Sudjito, D. N. (2020). Analisa penilaian soal fisika menggunakan model rasch dengan program r. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(2), 46-52. https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p46-52
Aziz, R. (2015). Aplikasi model Rasch dalam pengujian alat ukur kesehatan mental di tempat kerja. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 29-39. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
Azizah, A., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan model RASCH untuk analisis instrumen tes pada mata kuliah matematika aktuaria. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 3(1), 45-50.
https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp45-50
Fadilla, H., Ramadhan, A. H., Purnama, A., Bayani, N., Agil, S., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Kualitas Peserta Didik. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 2(1), 84-90. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/5720
Gunasti, A., Sanosra, A., Muhtar, M., Mufarida, N. A., & Satoto, E. B. (2023). Pemanfaatan rasch model untuk mengukur kemampuan peserta pengkaderan formal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1544-1557. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13826
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan reliabilitas instrumen pengetahuan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (pakem) menggunakan model rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 169-179. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik SMA. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 18(1), 1-12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120
Jumini, S., Madnasri, S., Cahyono, E., & Parmin, P. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 758-765).
Kasmayanti, K., Samsuri, T., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) dengan Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 3(2), 41–57. https://doi.org/10.36312/panthera.v3i2.159
Marjiastuti, K., & Wahyuni, S. (2015). Analisis kemampuan peserta didik dengan model Rasch. In Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan II.
Nafs, H., Sridana, N., Hikmah, N., & Soeprianto, H. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMPN 6 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2324-2331. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1785
Perdana, S. A. (2018). Analisis kualitas instrumen pengukuran pemahaman konsep persamaan kuadrat melalui teori tes klasik dan rasch model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41-48. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/view/574
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205-214. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244
Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2710
Suhariyono & Samsul, H. (2022). Pemodelan rasch. Dalam S. Hadi & H. Retnawati (Eds.), Analisis instrumen penelitian dengan teori tes klasik dan modern menggunakan program R (h. 63-88). Yogyakarta: UNY Press.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Cimahi: Trim komunikata.
Syamsuddin, S. (2023). Implementasi classic test dan item respon theory pada penilaian tes pembelajaran matematika. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 8(2), 28-43. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.3488
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Wahyuningsih, E. T. (2015). Analisis butir soal tes objektif buatan guru ulangan semester ganjil mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Mlati tahun ajaran 2013/2014 (PhD Thesis). Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia