Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Biologi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kampung Rakyat
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Candra, A. R., Prasetya, T. A.,& Hartati, R.(2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437–2446.
Fatimah Siti, B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Karakter Wirausaha Peserta Didik Tunanetra. Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosia, 5(1), 74–89.
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452
Fitria, Y., Safnowandi, S., & Fajri, S. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbasis Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(3), 128–141. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i3.97
Hasanah, Z., Tenri Pada, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Hazmiax, T. H., & Cahyani, D. (2018). Penerapan Pembelajaran Bioenterpreneur ship Pada Sub Materi SpermatophytaUntuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tanjung Brebes. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(4), 201–213.
Marni, M., & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902–1910. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/621
Munarsih, S., Hasibuan, R. L., & Irmayanti. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended Problems terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Peluang di Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 5(1), 21–29.
Nita, S. R., Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (pjbl). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 231–238. https://doi.org/10.31539 /bioe dusains.v4i2.2503
Nuriyanah, S. (2015). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui praktikum sederhana. In Skripsi.
Pradifta, I., Yeni S., & Aripin, I. (2023). Penerapan Pendekatan Ecopreneurship Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pedagogi Biologi, 01(01), 35–45. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bp/
Putri, Y. A., & Zulyusri, Z. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i2.11891
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php /pensa/index
Ramadhani, H. M., & Caswita. (2017). Pembelajaran realistic mathematic education terhadap kemampuan berfikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 265–272.
Ramadhani, S., & Khairuna, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Fishbone Materi Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8405–8413. https://doi.org/10.31004/basi cedu.v6i5.3840
Sari, K., Yunita, Y., & Maknun, D. (2021). Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Biologi Siswa SLTP dan SLTA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i2.3668
Selly, E. R., Ernie, N., & Armen. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1(1), 95–108. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7159
Siskawati Hayuhana Gadis, M., & Bachtiar, B. S. (2020). Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran online. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 31–42.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ( Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10. 26740/bioedu.v10n2.p314-325
Wirsal, D., Hamidah, A., & Asra, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Pembelajaran Elektronik ( E-Learning ) Berbasis Masalah Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(01), 33–41.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11196
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia