Pengaruh Pembelajaran Remedial Menggunakan Metode Tutor Sebaya Berbasis Video Animasi terhadap Motivasi Belajar pada Materi Kardiovaskular

Riska Setiyani, Vifty Octanarlia Narsan

Abstract


This research was conducted to look at remedial learning using the peer tutoring method based on animated videos on students' learning motivation on cardiovascular material. The sampling technique uses purposive sampling technique. The research method used is a descriptive quantitative method. The population and sample in the research were 28 students in class XI MIA 4 MANegeri 1 East Lampung with a sample of 24 students who experienced remedial treatment. The research instrument used was a learning motivation questionnaire sheet which refers to 6 indicators of learning motivation: 1) the desire and desire to learn; 2) there is encouragement and need to learn; 3) there are hopes and aspirations for the future; 4) there is appreciation for learning; 5) there are interesting activities in learning; and 6) there is a conducive learning situation, so that students can learn well. Based on the research results, it was found that there was an influence in the use of animated video-based peer tutoring methods on student learning motivation in remedial learning on cardiovascular system material.


Keywords


Remedial Learning, Peer Tutor, Animated Video, Learning Motivation, Cardiovascular.

Full Text:

Full Paper

References


Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710-721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559

Amursalim, A., Idris, S. I., & Addas, R. K. (2023). Deskripsi Tingkat Motivasi Belajar Siswa pada Proses Transisi Pembelajaran di Masa New Normal. Diajar : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 181-187. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1408

Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 76-83). Majalengka, Indonesia: Universitas Majalengka.

Anggraini, D. (2022). Video Pembelajaran sebagai Dokumen Digital Guru di SMP Negeri 2 Tanah Siang. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 118-125. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.1027

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221-229. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Pensil : Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49-56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Budiati, H., & Rizzal, H. (2021). Desain dan Implementasi Animasi Pembelajaran Aliran Darah pada Tubuh Manusia dengan Metode Motion by Path. InFact : Jurnal Sains dan Komputer, 6(2), 17-26.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Ilmu Al-Qur'an : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran Abraham Maslow tentang Motivasi dalam Belajar. Tajdid : Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 37-48. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.

Dewi, N. M. L. C., & Negara, I. G. A. O. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122-130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Respon Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma, 6(1), 18-22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Jamildayanti, J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XII SMA 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 2(1), 28-42. https://doi.org/10.30863/aqym.v2i1.596

Kaspani, U., & Windyariani, S. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Utile : Jurnal Kependidikan, 8(2), 105-120. https://doi.org/10.37150/jut.v8i2.1201

Laia, S., & Zagoto, S. F. L. (2022). Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Onolalu. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 52-64. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i2.695

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lutvaidah, U., Alam, B. P., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Remedial terhadap Hasil Belajar Matematika Teknik. Lakar : Jurnal Arsitektur, 2(2), 140-148. http://dx.doi.org/10.30998/lja.v2i2.5635

Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Jemari : Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21-29. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541

Malik, L. A., & Maunah, B. (2023). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran IPS Guna untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Journal of Creative Student Research, 1(4), 238-255. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i4.2275

Melinda, T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Jurnal Penyesuaian pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 31-44. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i1.4

Muzaemah. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 88-99.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), 102-109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Narsan, V. O. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika Selama Pembelajaran Daring. Al Jahiz : Journal of Biology Education Research, 3(1), 9-26. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4874

Nugraha, A. T., & Hidayat, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. JP2EA : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 1-9.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60-65.

Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh Metode Mind Map dengan Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 71-87. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i2.68

Pranjani, M. H., Samsudin, A., & Septian, M. R. (2022). Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Fokus : Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 5(1), 33-43. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.8384

Pratama, A. P. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi pada Materi IPA Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis-jenis Makanannya Kelas V SDN Katerban 2. Thesis. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purba, R. A. (2023). Analisis dan Validasi Media Pembelajaran Flip Chart pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas VIII. Thesis. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Putri, K. (2022). Pengaruh Video Animasi terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V SDN 5 Kota Bengkulu. Thesis. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Rifa’i, S., Rahmawati, F. P., & Widodo, W. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar FPB/KPK melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas IV SDN Karangasem 1 Tahun 2021/2022. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 312-317. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.244

Riza, F. Y., Antosa, Z., & Witri, G. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 21-32. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327

Rohimah, U. (2023). Efektivitas Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran di Kelas V SDN Air Putih. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 346-351.

Rokhim, A. (2021). Berbantuan Youtube sebagai Media Pembelajaran dan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Komposisi Foto dan Video (Type of Shot). Spirit : Journal of Computing and Cybernetic System, 13(1), 44-52. http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v13i1.200

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474

Sari, C. T. T., Bistari., & Halidjah, S. (2023). Kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(1), 3671-3679. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3465

Sari, E. (2019). Implementasi Tutor Sebaya dalam Ketuntasan Belajar Materi Berwudhu Kelas Tingkat Sekolah Dasar. Al-Iltizam : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 181-198. http://dx.doi.org/10.33477/alt.v4i1.772

Silviani, R., & Amelia, R. (2023). Motivasi Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1611-1618. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16404

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA (pp. 774-783). Banten, Indonesia: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Suryadin, E. R., Sutijiredjeki, E., & Jr, I. C. (2019). Sistem Prediksi Usia Pembuluh Darah melalui Pengukuran Sinyal Photoplethymograph dan Elektrokardiografi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 186-192). Bandung, Indonesia: Politeknik Negeri Bandung.

Tampubolon, S. E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Remedial secara Daring terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SDK Bina Kasih Jambi. Tesis. Universitas Jambi

Trisnawati, T., Kusuma, V. V., & Yulianto, D. (2023). Efektivitas Metode Tutor Sebaya Berbasis Youtube dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Materi Bilangan. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 7-22. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.209

Uno, H. B. (2018). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227-2234. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.451

Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2021). Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1), 71-84. http://dx.doi.org/10.30863/aqym.v4i1.1571

Winarti, S. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 113-119.

Yunita, P., Hariatama, F., Alexandro, R., Rohaetin, S., & Uda, T. (2022). Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Laung Tuhup. Jurnal Pendidikan, 23(1), 11-19. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4367

Yustuti, E. (2022). Remedial sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Pembelajaran Kesulitan Belajar. Skula : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 349-360.




DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.10347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia