Validitas dan Efektivitas Petunjuk Praktikum Elektronik Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Diharjo, R. F., Budijano, H., & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. In Prosiding Seminar Nasional TEP & PDS Transformasi Pendidikan Abad 21 (pp. 445-449). Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.
Etistika, Y. W., Dwi, A. S., & Amat, N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 263-278). Magelang, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Greenstein, L. (2015). Assessing 21st Century Skills : A Guide to Evaluating Mastery Andauthenticlearning. California: Corwin, Asage Company.
Kusumaningrum, D., & Yanti, Y. (2021). Pengembangan E-Book Petunjuk Praktikum Literasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 36-43. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746169
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Mahfudzah, M., & Asmaningtyas, S. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum Elektronik Berbasis Inquiry Learning pada Materi Tumbuhan Paku. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 1-9.
Mulyati. (2015). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset.
OECD. (2019). Pisa 2018 Results : Executive Summary. New York: Columbia University.
Pranata, M. T., & Setyawan, M. A. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 37-45.
Rahmawati, S., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penuntun Kegiatan Belajar Elektronik pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual untuk SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 383-391.
Raihan, S., Haryono., & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning Penuntun Kegiatan Belajar Elektronik Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7-14. https://doi.org/10.15294/ijcet.v7i1.24793
Rosyidah, I., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan Petunjuk Praktikum Elektronik Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. BioEdu, 11(1), 49-59. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p49-59
Sadeh, I., & Zion, M. (2013). The Development of Dynamic Inquiry Performances Within an Open Inquiry Setting: A Comparison to Guided Inquiry Setting. Journal of Research in Science Teaching, 10(46), 1137-1160. https://doi.org/10.1002/tea.20310
Safitri, A., & Nurmayanti. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Didaktis), 18(3), 198-209. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Sala, O. E. (2021). Global Biodiversity Targets for the Decade Post-2020. Nature, 594(7862), 629-636.
Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Elektronik pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154-162.
Siskayanti, W. D., Nurhidayati, S., & Safnowandi. (2022). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dipadu dengan Teknik Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 2(2), 94-112. https://doi.org/10.36312/pjipst.v2i2.76
Susanti, R. S. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Kimia sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 10 Pontianak. Ar-Razi : Jurnal Ilmiah, 7(2), 86-93. http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v7i2.1877
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Suyatna, A., Hasan, F. M., & Suana, W. (2017). Development of Interactive E-Book on Energy Resources to Enhance Student’s Critical Thinking Ability. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 109-121. http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v3i2.3114
Tantriadi, Y. (2013). Pembuatan Ensiklopedia Interaktif Tata Surya untuk Anak SMP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.10021
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia